Minggu, 06 Agustus 2017

#NHW 5 : Apa sih Desain Pembelajaran?

Di NHW 5 ini, kami diminta untuk membuat desain pembelajaran masing-masing. Tidak ada penjelasan apapun terkait itu pada awalnya, jadi pasti bingung karena belum terbayang. Akhirnya bertanyalah saya pada mbah Google, yuuk check this out!

Kata mbah Google, desain pembelajaran itu dimaknai dari beberapa sudut pandang;
1. Sebagai disiplin
2. Sebagai ilmu
3. Sebagai Sistem
4. Sebagai Proses

Juga Desain Pembelajaran banyak macamnya, disesuaikan dengan metode yang paling familiar/paling mudah kita ikuti, kemudian berkembang sesuai dengan kemampuan. Jika saya baca berbagai macam metode, mungkin bisa saya buat ringkasan flow/alur desain pembelajaran seperti ini:

1. Menemukam problem/isu
2. Mendefinisikan kemauan serta kemampuan diri
3. Merumuskan antara poin 1 dan 2, mana yang visible dilakukan (prioritas tertinggi-terendah)
4. Create solution (membuat strategi tujuan hidup ke depan)
5. Output : Desain Pembelejaran
6. Eksekusi, Testing, Evaluasi
7. Lanjutkan lagi dari poin 1 karena problem/isu setiap manusia berbeda

Hal diatas sebenarnya sudah saya lakukan sejak zaman SMP dengan menurunkannya menggunakan metode Mind Mapping, tapi saat kuliah Arsitektur saya baru memahami bahwa apa yang saya lakukan itu merupakan METODE DESIGN THINKING. Biasanya metode ini dilakukan untuk create suatu product berlandaskan user / manusianya. Mulai dari kebutuhan manusia, kita create sesuatu, singkatnya seperti itu.

Maka disini saya mencoba untuk menggabungkan 2 metode diatas menjadi seperti ini, inilah peta Desain Pembelajaran Fahma Nurika Aisyah:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar