Sabtu, 07 April 2012

Kisah Klasik

Yup, hari ini jadi hari yang panjang.  Dimulai dari suara ayah yang membangunkan gue.
"Fah, kamu gak kemana-mana kan hari ini?"
"Haa.. emang kenapa yah?"
"Jagain ibu ya, ayah mau ke garut."

Yak. Karena ayah udah ngomong begitu, mau nggak mau janji hari inipun dibatalkan. Ibu lagi sakit, dan gue harus mengajaganya. Awalnya gue udah janjian sama Tikah dan temen SMA lain untuk ketemuan jam 10. Tapi  apa daya. gue harus membatalkannya. Dan awalnya juga jam 3 sore ini ada briefieng panitia buat acara besok. Tapi pas izin sama ibu, secara tersirat ibu bilang di rumah aja. Oke, ibu lagi mau ditemenin. Dan jadilah seharian ini gue di rumah.

1. Hal pertama yang gue lakukan abis tidur adalah.... tidur lagi Haha enggak dong, Sebelum ayah ke Garut, beliau berpesan pada gue untuk mencuci piring2 dan gelas2 yang kotor.Yaudah gue cucilah itu piring dan gelas, sembari melihat ibu yang masih tertidur di kamarnya.

2. Karena gak ada kerjaan, gue mandi dan berleyeh-leyeh. Lebih tepatnya sih online, dan blogwalking. Tapi akhirnya gue malah nyari-nyari info di Kaskus. Lumayan lah udah jarang baca2 Kaskus.

3. Ibu gue bangun dan menyuruh gue untuk nyapu. Oke, mulai dari lantai atas gue nyapu. Sebelumnya sih tentu aja gue ngisengin kakak gw yang lagi ngerjain tugasnya di depan laptop dulu. Uhuy, puas godain kakak gue, guepun nyapu tangga atas. Men, gw paling ga suka nyapu tangga, soalnya tangga itu merupakan bidang yang dinaikkan (kelebihan dosis Pengars), jadi capek gitu nyeret2 debu sampe tangga bawah. Fuh... tapi seru kok. Kalo nyapu kan kaya main game gitu haha. Setelah tangga, berlanjut ke ruang tamu, ruang tengah, dapur,kamar ibu, ruang baca, kamar ayah, kamar gue, dan... selesai! Lah kamar kakak gue? Itu urusan mereka. Soalnya kamar mereka di atas hahaha lagian udah ada porsi masing-msing dalam merapikan kamar sendiri. Selesai nyapu-nyapu seperti biasa gue gak bisa diem, jadilah gw rapiin tempat tidur aja. Tempat tidur ayah & ibu, dan tempat tidur gue. Yes kamar gw rapi lagi.

4. Karena gue laper gue makan. Yes sarapannya bubur.

5. Karena gue bosen lagi yaudah gue online lagi. Tapi abis itu ibu nyuruh jemur pakaian. Yaudah gw jemur-jemur tuh pakaian.

6. Setelah jemur-jemur pakaian gue liat di magic jar nasi abis. Yaudah gw masak nasi deh. Teknologi serba memudahkan ya, masak nasi aja jadi gampang banget. Tapi jeleknya jadi generasi instan ya, apa-apa maunya cepet.

7. Selebihnya gue habiskan untuk online, gak cuma cuap-cuap dunia maya lho, tapi cari data juga. Agak-agak sebel juga sama diri sendiri kalo waktunya terbuang untuk hal-hal yang gak penting. #ea

Yah intinya sih waktu untuk hari ini belum menunjukkan malam, tapi tetep waktu yang ada harus berjalan seproduktif mungkin ya fah.. Bener-bener deh kalo udah kaya gini. mikir banget umur nggak lagi muda. Bukan udah tua juga sih, tapi dewasakanlah sikap. Alhamdulillah gue punya orangtua yang senantiasa mendidik gue untuk mandiri, walau tetap gue yang paling dimanjakan ihiy. Gak kebayang kalo dari kecil gue dididik untuk nggak melihat dunia sekitar, entah selemah apa diri gue sekarang ini. Agak miris juga melihat teman sebaya yang manjanya masih keterlaluan. Semoga kita semua sama-sama berjalan ke arah kebaikan ya. Amin..

Menilik kemandirian, gue punya cerita tentang teman kecil gue, sebut saja namanya Cemara. Ia seorang perempuan tangguh, benar-benar tangguh dan hebat di mata gue. Sedari gue belum sekolah sampai detik ini, alhamdulillah kita masih berteman dekat. Cemara besar di rumah kakek dan neneknya. Orangtuanya sudah bercerai, dan ia tinggal terpisah dari keduanya. Cemara lebih dekat dengan ibunya. Dan dengan ayahnya, sampai sekarangpun ia tak tahu dimana ayahnya berada. Rumah kakek dan neneknya terletak dekat dengan rumah gue, jadilah setiap hari semasa kecil dulu kami sering bermain. Cemara dibesarkan di lingkungan yang keras. Sedari kecil ia sudah harus membantu neneknya memanggul dagangan ke depan sebuah pabrik. Pabrik itu letaknya lumayan dekat dari rumah kami. Nenek dan Kakek Cemara memang biasa berjualan disana. Nenek menjual jajanan-jajanan kecil sementara Kakek menjual buah-buahan.

Setiap bulan puasa, subuhnya gue ikut membantu Cemara memanggul dagangan neneknya. Betapa berat dagangan yang dipanggul itu, namun Cemara tidak pernah mengeluh tiap harinya. Cemara benar-benar sosok yang tangguh, bahkan setelah kepergian neneknya beberapa bulan yang lalu. Masih tersisa kesedihan memang, namun sampai sekarang ia terus merajut langkahnya untuk mimpi-mimpinya.

Gue belajar banyak dari Cemara. Belajar masak-memasak, bagaimana cara memotong cabai, mengulek bawang serta garam. Membuatnya menjadi nasi goreng, semua Cemara ajarkan saat kita masih SD. Cemara juga mengajarkan gue bagaimana memotong buah mangga, mencuci pakaian. Itu semasa SD kelas 2-3. Gue betul-betul diajarkan mandiri olehnya. Ditambah ibu gue yang memang mengajarkan gue untuk mandiri sedari kecil. Saat gue kelas 6 SD, gue bahkan sudah mencuci pakaian gue sendiri. Dulu rasanya sebal sekali memang, namun menilik sampai kini, gue sangat bersyukur punya ibu hebat dan teman hebat seperti ibu gue dan Cemara :)

Sosok Cemara merupakan sosok yang kuat dan cerdas. Ia banyak bertanya soal agama. Ia memang dibesarkan bukan dalam naungan agama yang kental, berbeda dengan gue yang sedari TK sudah di sekolah Islam. Cemara sangat antusias jika berbicara soal agama. Tiap Ramadhan begitu semangatnya ia mengajak gue untuk tadarrusan. Jadilah setiap Ramadhan, sehabis shubuh kami rutin membaca Al-Qur'an. Dan Alhamdulillahnya, kini Cemara satu pengajian dengan gue. Ia merupakan anggota baru, tapi semangatnya tetap luar biasa. 

Tak dipungkiri, sering kesedihan menggelayuti Cemara, bahkan pernah saat SMA, saat gue baru pulang dari sekolah, gue bertemu Cemara di depan gang rumah gue. Begitu gue sapa, dia bercerita tentang masalahnya. Dan Ia menangis. Kata-kata inilah yang sering gue ingat dari Cemara.

"Tau nggak fah, kadang gue berfikir, kenapa hidup gue gini banget ya... Orangtua pisah, di rumah nenek gue banyak masalah. Kayanya hidup tuh berat.... banget."

Gue hanya bisa menghibur Cemara supaya tetap sabar. Mungkin banyak orang berfikir bahwa cerita seperti Cemara ini hanya terjadi di film-film. Tapi itu nyata untuk gue. Gue benar-benar belajar dari sosok Cemara. Belum lagi teman sebaya gue yang lainnya. Bahkan ada teman gue, sebut saja namanya Mawar, orangtuanya adalah seorang TKI. Dulu ibunya bekerja sebagai pembantu di rumah gue. Tapi sampai sekarang alhamdulillah kami juga masih dekat.

Ada lagi teman gue yang lain, dulu kami sering berpetualang bersama. Dari merekalah gue tau jalan-jalan tikus, tau serunya nakal-nakalan sewaktu kecil, tau abang-abang ager, tau abang-abang telor gulung, tau gimana rasanya sepedahan sampai jauh, tau balon-balon yang dilempar pecah, tau main perosotan tanah, tau gimana rasanya di kejar anjing, tau gimana serunya dikasih duit sama tetangga saat lebaran, tau gimana kehidupan mereka yang keras, tau gimana nyolong rambutan, tau gimana main gaple, main bekel, main congklak, main karet, main tak umpet, main tak jongkok, main sabun-sabunan, main masak-masakan, main patung-patungan, main buaya-buayaan, main rumah hantu, main kelereng, main layangan, main tamiya... 

Tau gimana pertama kali naik angkot, main ayam, bakar-bakar ayam, ngikutin truk isinya kambing pas malem idul Adha, main petasan cobra, main kembang api, ngeliat kuda pas puasa, jalan di jalan raya kosong pas puasa, solat subuh bareng, tarawih bareng, dikejar orang gila bareng.... tahu gimana rasanya gosip orang lain yang gak gue kenal, tau gimana rasanya mereka tinggal di kontrakan sepetak, tahu bagaimana mereka ngambil air dari sumur, ngambil air yang harus digenjot dulu, tahu gimana cara nyuci baju tanpa mesin cuci, tau gimana keadaan kamar mandi kontrakan mereka yang mesti bareng-bareng, tahu gimana rasanya bahagia saat gue ditawarkan manisan pepaya di kontrakan mereka, bareng ibu-ibu sambil ditanya macem-macem, tau gimana rasanya berpetualang ke sebuah pabrik tekstil yang ada pohon kersennya, tau gimana caranya manjat pohon, tau gimana caranya manjat tangga, menyusuri semak-semak yang serem, tau gimana rasanya dimarahin ayah ibu karena pulang sore, tau gimana rasanya tuker-tukeran orji...

Tau bagaimana mereka HIDUP dengan KEHIDUPAN nya....
Tau bagaimana mereka SABAR atas KEHIDUPANNYA...
Tau bagaimana mereka BEKERJA KERAS dalam KEHIDUPANNYA...
Tau bagaimana cara mereka BERSYUKUR atas SEGALANYA...

Ah.... Bahagia itu benar-benar sederhana. Kehidupan gue beberapa waktu lalu benar-benar mengajarkan arti kebahagiaan. Hey teman-teman kecil... Gue amat rindu masa-masa itu. Semoga kelak kita dapat berkumpul kembali ya, ramai-ramai seperti dulu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar