Minggu, 08 Agustus 2010

Bingung

Selamat siang menjelang sore temen-temen semua. Akhirnya ada niatan buat nulis lagi setelah beberapa atau bahkan berhari-hari males nulis. Kita ngomongin apa ya? Masalah kuliah aja yuk! Mau curhat-curhat dikit nih ;)

Kalo ngomongin soal kuliah, aku selalu bingung. Kenapa? Aku bingung mau kuliah dimana. Dulu sebenernya udah mantepin mau ke fak.ekonomi. Tapi aku ipa, dan kata guruku jiwaku nggak ips sepenuhnya jadi jangan ambil resiko. Iya sih, itu juga fe milihnya karena faktor orangtua, ayah ngeliat aku suka bisnis makanya disuruh masuk fe. Dan aku orangnya nggak suka ribet. Kalo masuk jurusan ips otomatis harus belajar lagi, dan kalo mikir itu aku nggak mau.

Emang nggak ada yang bener-bener kamu pengen, dari dirimu sendiri? Kalo ditanya itu, ada. Ada banget. Dari dulu aku mau kuliah yang tugasnya nggak ribet-ribet amat. Desain grafis. Hm, ya setelah liat dua kakakku yang pada di DG akupun mau. Sebenernya bukan masalah ribet nggak ribet, tapi masalah minat. Kecintaanku pada gambar menggambar, desain mendesain, mencipta sesuatu. Kalo aku udah suka, sebenernya seribet apapun pasti akan aku lakukan. Aku udah bener jatuh cinta sama dunia desain. Tapi aku nggakmau ngikut jejak kedua kakakku yang tempat kuliahnya sama. Aku mau beda, nggak mau sama. Aku mau tempatnya beda. Dan satu tujuanku, mungkin udah dari dulu: FSRD ITB.

Tapi rasanya aku nggak tega buat ninggalin ayah ibu. Dulu aku mau banget kuliah yang jauh dari rumah soalnya bosen dari tk sampe sma deket banget jaraknya dari rumah. Aku mau coba nge-kos. Mau coba hidup yang baru. Aku mau banget nyoba itu semua. Aku udah ngebayangin, kuliah di tempat yang aku minatin, ngerjain tugas yang emang aku suka, jalan- jalan di tempat baru, ketemu orang-orang baru, temen-temen baru, belajar bahasa sunda, aaaaaah semuanya rasanya udah bener-bener aku bayangin kalo kuliah disana. Walopun belom pernah sekalipun aku jejakkan kaki di itb. Tapi rasanya, aku bener-bener mau disana.

Apa sampe sekarang aku coba tutupin atau aku coba musnahkan harapan itu. Setiap ditanya orang, "mau kuliah dimana?" aku pasti jawab, "belom tau nih." Tapi dalem hati selalu bergaung gaung: fsrd...fsrd.. Kenapa harus fsrd sih? Ga harus disana juga kan? Kamu belom tau aja mungkin jalanmu bukan disana...

Kenapa aku begitu lemahnya menghapus impian itu? Pertama, orangtua. Aku mau nemenin mereka di tengah umur mereka yang semakin menua. Aku mau ada di tengah mereka, nemenin waktu pensiun ayah. Kalo aku di bandung otomatis waktu pulang juga bakalan jarang banget. Aku perempuan satu-satunya. Entah karena sadar atau gimana, aku nggak tahu kenapa, pokoknya karena aku perempuan satu-satunya dan anak terakhir, aku mau selalu di deket mereka. Kakakku yang udah beranjak dewasa pasti sebentar lagi nikah dan tinggalnya juga nggak bakal di rumah. Nggak kebayang ntar mereka berdua pergi dan di rumah tinggal kita bertiga. Dan kalo aku ikutan kuliah yang jauh, siapa yang ngejaga mereka?

Mungkin sebenernya masalahnya ga sekompleks itu, apa aku yang terlalu banyak mikir? Aku juga nggak yakin-yakin banget sih kalo takdir aku kuliah tuh di fsrd-itb. Cuma aku ngeliat hal yang aku suka. Aku nggak mau ambil jalan yang salah. Tapi kenapa aku selalu menutupi dan bilang: Aku nggakmau kuliah di tempat yang sama kaya kakak-kakakku. Apa bedanya? Keduanya sama-sama desain grafis. Sama-sama hal yang kamu suka. Cuma tempatnya yang beda, satu di Bandung, dan satu lagi ya, tetep di Depok.

Oke, aku emang belum yakin. Tujuanku masih acakadul, belum terarah. Aku selalu bilang aku nggak mau yang ribet-ribet, aku menutupi. Padahal aku belum tau itu apa. Aku selalu berpikir bahwa fakultas jurusan ipa itu ribet-ribet. Kayanya aku nggak ipa banget. Aku bener-bener buntu nih masalah kuliah-kuliahan. Ya Allah.... Aku bener-bener iri sama temen-temen yang udah jelas tujuannya mau kemana. Impian yang mereka torehkan sedari smp, sedari dulu. Aku bener-bener merasa bersalah sama diriku sendiri. Kamu mau kemana? Hey diriku, kamu maunya apa?

Ck ck selalu bingung. Pokoknya aku nggak mau tetap berada di posisi ini. Aku mau cari tahu. Aku mau tahu jawaban masa depanku. Aku pergi dulu ya. Doakan semoga jawaban kan kudapatkan. :)

20 komentar:

  1. hmmmm,,,ikutin apa kata hati...
    kalo cma ikut kata orang,,,ntar hasilnya kurang maksimal juga..
    smangaaaat ya...

    BalasHapus
  2. Mengikuti anjuran orangtua rasanya juga tak salah karena mereka hanya berpikir yang terbaik untukmu. Kalaupun kamu memilih jalan lain, sebaiknya mantapkan hati dulu karena setiap keputusan yang diambil dalam kebimbangan dan keraguan biasanya berakhir tidak menyenangkan...

    Met sore, met wiken
    Salam hangat selalu....

    BalasHapus
  3. jangan bingung donk.. kuliah itu harus dimulai dengan menyenangi dulu bidang yang akan dimasuki. Soalnya, dengan itu jadi bisa maksimal plus lulus dengan cepat.. percaya deh!.

    BalasHapus
  4. bingung ya mbak? sama. aku juga T.T
    bingung entar ngambil jurusan apa pas kuliah. penginnya juga di ITB. tapi itu masih lama, masih 3 taon lagi hihi :D

    nah, sekarang seharusnya aku juga udah nentuin mau masuk apa.

    tenang aja sayang, di setiap kesulitan pasti ada kemudahan. jalanin aja dulu :)

    BalasHapus
  5. Sekarang harus mulai menyiapkan diri jika ingin ke ITB. Semoga impiannya kan jadi nyata dan usaha kerasnya bisa membuahkan hasil spt yang diinginkan ya...
    Ayooo semangat...!

    BalasHapus
  6. jangan bingung sob.. fokus fokus dan fokus !!!

    BalasHapus
  7. fokus pada pilihan2 yg ada disekitarmu.
    Mintalah pertolongan pada yang Maha Penolong
    :D

    BalasHapus
  8. jurusan kimia universitas udayana aja.,biar bs ketemu aku..:p

    BalasHapus
  9. Kalau aku pribadi lebih memilih kuliah sesuai dengan bakat dan minat yang memang melekat pada diriku. Daripada nanti kedepannya aku keteteran dan nggak terlalu paham sama sekali dengan kuliah tsb. Ini hanya pendapat pribadiku lho.

    BalasHapus
  10. bingung ?
    broadcast aja sama kayak gue :D

    BalasHapus
  11. shalat istikharah ajjaaaa.. ^^

    BalasHapus
  12. hmm..menentukan pilihan harus dibarengi dengan pertimbangan² dan niat yang bener² agar nanti dalam menjalaninya tidak terdapat keragu²an dan penyesalan...
    Sukses Slalau!

    BalasHapus
  13. pilih jurusan kuliah yg kamu senengin aja ^^
    walau jauh jg gpp asal kamu nyaman ^^

    BalasHapus
  14. wah lah?
    bingung ya?
    ummm, gimana kalo diomongin langsung aja sama ayah ma ibu?
    jadi kamu kemukain kamu maunya apa, nah nanti tanya deh menurut ayah ibu baiknya gimana
    dan jangan pernah terpaksa memilih yang sebenernya kamu gak mau
    bisa juga diperkuat dengan solat malam, tanya sama Allah..
    hidup itu pilihan, dan pilihlah dengan bijak :)
    semangat ya, neng
    moga dimudahkan oleh Allah... :)

    selamat hari selasa, neng fahma
    semoga hari ini menyenangkan :D
    dan semoga udah gak bingung lagi ya...

    BalasHapus
  15. all: makasih yaaaaaa semua saran dan masukannya :D

    BalasHapus
  16. Salam Kenal dariku, artikel menarik :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    BalasHapus
  17. shalat istikharah pah! Insyaallah dkasi petunjuk hhe

    BalasHapus