Selasa, 18 Juni 2013

Iseng Mikir-Mikir

Mumpung masih hangat-hangatnya di pikiran nih haha gue berencana nulis tiap hari *semoga terlaksana* Isinya ya santai-santai aja seputar kehidupan gue dan yang paling penting pelajaran apa yang bisa gue ambil dari setiap aktivitas gue. Lebih ke evaluasi, karena semenjak kuliah ini gue jarang ngajak ngobrol diri gue lagi, jarang nyemangatin sisi gue yang suka aneh gitu. Emang sih mungkin karena gue lagi nyoba bertindak tanpa banyak rincian detail, karena dituntut harus mikir sana mikir sini gerak sana gerak sini. Dan jujur itu sangat melelahkan. Tapi ternyata butuh banget nih merenung kaya gini, terus evaluasi hari ini kekurangannya apa, besok harus ditingkatin lebih baik gitu. Ya, semacam itulah. Terus gue jadi mikir, kenapa sih kita butuh untuk berubah lebih baik lagi?

Coba nih ya, misalnya kita ada amanah di suatu organisasi. Misal kita jadi staff, kalo dari awal pikiran kita udah ngomong "Ah cuma jadi staff ini." Itu suatu hal yang fatal menurut gue. Berarti dia sendiri memposisikan diri dia sebagai orang yang apa ya, yang nggak pantes buat tampil gitu. Yang nggak layak untuk ikut serta ambil keputusan. Terus yang mikir "Gw mau ikut organisasi ah, tapi yang nggak ribet-ribet amat, yang kebanyakan gabutnya juga malah lebih asik." Dan tadaaa, dia ngambil pilihan jadi staff. Dan karena pikiran-pikirannya itu dia kadang suka cabut kalo ada rapat bidang. Mikirnya sepele "Ah cuma rabid ini, paling nggak penting-penting amat." Dan akhirnya peran dia bisa jadi harus diambil orang lain dan malah orang lain itu yang mengerjakan. Kalo menurut gue orang macem gini harus di babat habis. Kenapa?

Pertama, jujur gue paling kesel sama orang tipe kaya gini. Gini deh simpelnya, dia itu udah ngambil pilihan untuk megang amanah. Amanah itu kepercayaan kan, artinya dia harusnya siap mengemban segala tanggung jawab yang memang sudah dia pilih. Harusnya dia siap untuk mengambil peran di dalam komunitasnya. Tapi kalo kenyataannya dia kabur-kaburan, dihubungin nggak jelas ada dimana, ditanya tugasnya sampe mana jawabannya gantung-gantung gitu, kasarnya sih mending dari awal kalo tau dirinya nggak sanggup nggak usah daftar untuk ikut komunitas. Gitu sih kasarnya. Tapi itu berlaku untuk orang yang emang bener-bener nggak ada tanggung jawabnya sama orang lain. Tapi lain untuk orang yang awalnya emang dia nggak bisa apa-apa, nggak tau apa-apa, tapi dia mau belajar. Tapi dia mau jujur kalo nggak sanggup dan dia minta bantuan, itu jauh lebih apa ya, lebih menghargai. Setidaknya dia merespon apa yang orang lain berikan ke dia. Entah sms jarkom kek sekedar nanya, atau ada rabid tetep dateng.

Karena gini, gue selalu percaya pada hukum alam yang mengatakan bahwa: Apa yang kita tanam hari ini, akan kita tuai nantinya. Itu bener banget. Coba kita ambil contoh kasus yang diatas tadi. Dia jadi staff nih, misal kita ketua, terus dia kerja nggak becus. Sering telat, banyak alasan, kerjaan nggak kelar, dlsb. Pada awalnya mungkin kita huznuzon, tapi sadar nggak sadar, mau nggak mau, pasti rasa kepercayaan kita ke dia lama-lama akan terkikis. Jadi pas ada tugas lain kita jadi nggak mau ngasih ke dia karena takut pekerjaan itu nggak akan selesai di tangannya. Nah! Sayang banget kan, lain kalo misalnya kita berusaha lebih walaupun ada di posisi staff, itu bakal menancap di pikiran sang ketua "Wah ni anak aktif banget ya dan banyak ide." "Wah nih anak berani ambil keputusan." Mulai deh orang menilai diri kita. Emang rasanya nggak enak ketika orang udah menilai si A gini, B gini, C gini. Apalagi kalo yang jelek, pasti susah banget untuk dilupain dari benak orang lain. Nah itu, manusia memang sangat dekat dengan persepsinya sendiri. Pandangan pertama lah, kesan pertama, itu emang penting banget. Kalau dari awal kerjasama aja udah nggak enakin, gimana seterusnya? Kalau kita kerja dengan maksimal pastinya seterusnya kepercayaan itu tumbuh dan tumbuh. Dan ingat lho, kita berhubungan dengan mereka nggak putus hanya pas proker setahun kelar. Nggak gitu lah, setelah kuliah kelar kita butuh kerja kan. Nah, mulailah hukum alam bekerja. Nilai-nilai yang kita tanam dulu itu jauh lebih nancep di orang. Apalagi kalau kita dengan murah hati membantu orang sebanyak-banyaknya. Percaya deh, janji Allah itu pasti. Dan Allah paling suka sama hambanya yang membantu saudaranya sendiri. Rasakan nikmatnya deh, betapa Allah nantinya terus-terusan ngasih berkah ke kita. Memang layak kok kita terima kalau dari awalnya memang kita lalui dengan cara-cara yang baik. Rekomendasi pun pasti akan ngalir terus kepada kita. Jadi jangan pernah remehkan kerjaan apapun yang sedang kita kerjakan. Entah jadi yang bantu-bantu dulu lah, staff lah, atau apapun itu, sadarlah, suatu saat kebaikan akan berbuah manis dengan kebaikan pula. Allah menyiapkan hadiah yang super indah dan layak kita terima, jika kita memang berusaha dan melayakkan diri menuju kesana. Rezeki itu dicari lho, bukan hanya ditunggu. Rezeki itu usaha lho, bukan hanya berdoa. Sama aja kaya jodoh. Kita mau yang gini gini gini, bebet bibit bobot kayanya yang baik-baik dan sempurna semua. Tapi stop dulu ngayalnya, balik duru ke diri kita, udah melayakkan diri belum untuk mendapatkan yang seperti itu? Udah coba latihan belum untuk jadi seorang istri yang taat? Udah pantas belum mendapatkan yang sebaik itu? Beres-beres rumah setiap hari? Belajar masakkah? Mau dpt yang agama bagus tapi udah berusaha lebih dekat ke Allah? Yang kaya gitu itu harus dipikir dari sekarang dan tentu dipersiapkan. Jangan mau ngayal doang yang tinggi-tinggi ngarep dapet yang terbaik, tapi usaha nihil? Beh... jangan harap.

Ini juga yang kadang bergumul di otak gue. Mengharapkan orang lain untuk selalu ngasih ke dia. Contohnya jodoh tadi, ngarep yang sempurna tapi dia mau dirinya biasa-biasa aja. Ngarep ngertiin dia apa adanya dengan segala kekurangan tanpa mau berubah jadi lebih baik. Alasannya sih "Ini kan aku, kamu kalo sayang aku harusnya nerima aku yang kaya gini." Padahal sifatnya itu negatif, hadeeeh nggak habis pikir sama yg seperti itu. Ada lagi yang lucu, ngehalang-halangin pasangannya ikut ini lah ikut itu lah. "Kamu kan punya aku, kamu harus terus sama aku, kamu nggak boleh ikut ini, ikut itu." Plis, belom nikah aja hidupnya udah di skenarioin orang lain. Menurut gue sayang aja, padahal potensi dia pas muda sangat bisa diasah. Baru dari pengalamannya dia bisa ngambil banyak pelajaran. Dari sana kan dia bisa naik level, maksudnya dia bisa  merasakan arti hidup lebih dalam lagi dan bisa cari pasangan yang jauh lebih dewasa.

Kalo kata temen gue simpelnya gini, "Gue emang nggak mau pacaran bukan gara-gara nggak dibolehin sih. Tapi gini deh, ngapain coba kita ngurusin orang lain yang belum halal untuk kita, sementara kita ke adik/kakak sendiri nggak seperhatian itu? Ke Ibu kita aja deh, sering nggak sms Ibu lagi apa? Udah makan belum? Atau ke adik kita, kamu kemana aja hari ini? mau aku jemput nggak? Bagi gue, sukses enggaknya dia sama pasangannya terlihat dulu pertama dari sikap dia ke keluarganya. Dan kalo dia sayang keluarga dia bakal mikir-mikir tuh make duit orangtua buat tiap minggu diabisin ke bioskop dlsb."

"Kalo menurut gue, pacaran lama juga nggak jamin nikahnya bakal langgeng. Yaa nggak semua sih, tapi tetep aja kata Ibu gue pacaran itu beda banget sama nikah. Pacaran itu topengnya masih banyak, iyalah, yang diliatin yang bagus-bagusnya aja. Kalo nikah kan, kita bener-bener tau baik-jeleknya suami kita, gitu sih kasarnya. Terus pacaran buat latihan sebelum nikah? Gue rasa tetep aja, latihan mah sekalian tuh tidur bareng kaya nikah. Tapi yakali, justru malah ke kubangan dosa itu mah. Kita juga nggak bisa nentuin nasib kita. Usaha tentu aja harus, tapi pakai cara yang halal kalo gue maunya. Guenya belajar melayakkan diri dulu, tinggal Allah kasih kejutannya apa. Itu jauh lebih so sweet nggak sih?"

"Kalo bagi gue, kalo gue bener-bener sayang sama pasangan gue, justru gue bakal melepas dia. Kenapa? Karena saking sayangnya gue, gue nggak mau ngajak dia ke ranah dosa. Biarlah kita sama-sama melayakkan dan mendewasakan diri. Kalau ternyata nggak jodoh? Bukan fokus kepada itunya, tapi kepada keikhlasan dan kesabaran yang bisa kita lakukan, itu jauh lebih berharga ketimbang apapun. Gue selalu yakin, Allah yang lebih tau apa yang terbaik buat gue."

"Kalo masalah kita sakit hati sama orang lain, itu masih bisa disembuhin lah walopun ya susah banget. Tapi kalo Allah yang sakit hati sama kita? Waduh, mulai-mulai dipikir itu, pas nanti kita mati kita bawa amalan apa ya?"

_________________________________________________________________________________

Super banyak sebenernya yang berkecamuk di kepala gue. Tapi berhubung gue udah ngantuk lanjut besok aja dengan pemikiran-pemikiran lainnya. Mungkin besok masih sama omongannya ngalor ngidul kemana-mana. Tapi itulah gue, gue butuh menuangkan apa yang ada di otak gue haha hari ini cukup banyak pelajaran yang bisa gue ambil, salah satunya tentang amanah tadi itu. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat yang mengecewakan orang lain itu. Amin, yuk ah gdnight bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar