Minggu, 04 Agustus 2013

Ilusi

Ini adalah episode tersulit yang harus aku jalani,
dan harus aku mengerti.
Ini rentang waktu terlama yang harus segera kuputus pertaliannya.
Mungkin.. selama ini aku hanya merindukan sebuah ilusi.
Bukan kepada sosok, melainkan rasa.
Tapi.. bukankah justru lebih dalam rasanya?

***

Kalau boleh jujur, terkadang apa yang terasa di hati sangat membingungkan. Entah siapa lakonnya, entah siapa yang mengendalikan perasaan tersebut. Semua yang terasa begitu menyengat, menghisap segala emosi dan mungkin juga energi. Semua terhisap, habis. Semua tak bersisa, namun jejaknya masih sangat terasa.

Kalau boleh jujur, aku benci. Detik mengalun merdu tanpa tahu isi hatiku. Setiap ia lewat menjadikan aku candu, berulang kali membuka memori. Menutupnya kembali. Membuka, menutup, membuka, kemudian aku harus menutupnya dengan paksa. Tapi memori tetap disana, ia tak kemana-mana. Ia seperti menghukumku dengan lembut.

Akupun kian terjebak. Semakin tenggelam dalam permainan arus yang sengaja kubuat. Semakin terhisap oleh buncahan kenangan yang menguak. Mengoyak segala ruang, tidak memberinya sisa sama sekali. Aku benar-benar tak berdaya, kalah pada perasaan.

Kalau boleh jujur, harusnya aku bisa mengendalikan perasaan tersebut. Harusnya aku bisa lebih tegas mengutuk segala ilusiku, mengutuk segala rasa kasihan yang menggeluti hati. Harusnya aku jauh lebih tegar, berjalan satu, bukan setengah. Berjalan dengan pasti, bukan perlahan. Setengah hanya akan membuatnya semakin penuh, semakin tak terlepas, semakin tak terkendali. Aku mengelaknya dengan penguatan,

"Ini hanya soal waktu."

Benarkah hanya soal waktu? Yang aku lihat, itu hanya penguatan semu. Kamu belum bisa melupakannya, kamu tak akan terlepas darinya. Benarkah hanya soal waktu? Aku rasa, ini soal dirimu. Bukan waktu yang harus mengikuti luka hatimu, tapi kamu yang harus menyegerakan waktu untuk menyembuhkan segala lukamu.

***

Aku rasa...
 selama ini aku benar-benar hanya memimpikan sebuah ilusi.

1 komentar:

  1. sabar ya ukhti fahma, smua akan indah pada waktu"y,

    jngan lupa jln2 ke gubug ane ya, Trims

    BalasHapus