Rabu, 08 Januari 2014

Memanggilku Sekali Lagi

"Daun-daun mengayuh langkah...
Berguguran hujani mataku.
Seakan... memeluk batinku,
menyentuh hati yang telah mencintaimu.
Dirimu seakan penuh tanya,
Inginkan cinta memadu kata..
Dirimu... bagai bidadari, miliki cinta yang tak sebatas puisi.
Tanyakan pada hati, adakah cinta sesuci embun pagi di syurga.
Bicaralah pada daun gugur, inikah cinta tuk... selamanya."
-Sasina, Suci

_______________________________________________________________________________

Berawal dari blogwalking, gue nemu lagu yang diciptain Sasina. Pertama kali denger lagunya, gue langsung jatuh cinta, pake banget. Suka aja dengernya. Suka banget malah. Akhirnya sama seperti hari-hari lalu, kalo gue udah suka banget sama sesuatu, pasti gue ulang-ulang terus haha jadilah Sasina playlist idaman gue beberapa hari ini.

Selain itu, hari-hari berlalu dengan indah tentunya. Gue merasakan lagi sayatan lembut tentang kebahagiaan. Hal itu muncul dari kasih sayang orang-orang terdekat, betapa rasa sayang itu begitu memikat. Memoles tiap lembar hati #haseek

Haha udahan ah sok puitisnya. Sekarang lanjut ke rutinitas harian aja, semoga bisa diambil manfaatnya ya! :)

#1. Pameran Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2013

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPAD (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah) DKI Jakarta. Acara yang dilaksanakan setiap tahun ini dimeriahkan oleh kurang lebih 2.500 siswa/i seluruh DKI Jakarta. Memang super heboh, ditambah para artis yang menghibur. Salah satunya Cherrybelle. Cuma agak gimana ya... kenapa mesti Cherrybelle yang diundang? Nah, ini dia cuplikan keseruan acara HANJABA, selamat nyimak!

Adik-adik mengerubungi Stand Dreamdelion untuk belajar buat boneka jari
Bareng Abigail, salah satu anak SD yang minta dibuatkan boneka orange dari kain flanel
Bareng adik-adik SD Al-Muhajirin Jakarta


Jadi, di acara HANJABA 2013 ini Dreamdelion ikut lomba stand Pameran gitu. Dan Alhamdulillah, kita meraih Juara II! Perjuangan di tengah UAS nggak sia-sia. Bayangin, lagi hectic nya UAS Arsitektur, kita bertiga (gue, Mella, dan Upi) malah sok asik bolak balik Depok-Kuningan untuk nyiapin dekorasi stand haha sempet pesimis juga untuk menang. Tapi saat itu gue menghapus niat untuk menang, saat itu gue mikirnya "Yaudah, lupain dulu soal lomba ini,  yang penting pengunjung yang dateng ke stand Dreamdelion bisa seneng dan merasakan manfaatnya."

Gue mau cerita sedikit tentang perjuangan di tengah UAS. Semoga pas nanti gue lagi merasa lelah dan nggak sanggup ngatur waktu, gue bisa buka tulisan ini dan inget lagi tentang perjuangan tiada henti, dan gue harap semangat itu akan berkobar lagi :)

Yap, gue inget banget kalo acara HANJABA ini pas banget tanggalnya sama Eksternal UAS Perancangan Arsitektur Interior, apa lagi kalo bukan matkul super serem bagi anak-anak Ars. Nggak lebay, karena terkadang gue cukup tertekan dengan satu matkul yang bobotnya nyampe 9 SKS ini. Matkul yang horor bagi gue (dan tentu anak-anak Arsitektur lain), selain karena dosennya cukup membuat jantung cepet deg-degan, juga kalo dapet nilai B, wush... IPK langsung merosot drastis. Yah, tapi hidup itu pilihan. Gue waktu itu harus memilih, antara Eksternal atau Pameran ini.

Dan gue memilih keduanya hehe ya jelaslah, kalo gue milih pameran aja, apa kabar UAS gue? Tapi bukan disitu poinnya. Balik lagi ke cerita, malam sebelum hari H Eksternal, gue duduk cantik di mobil Hira bareng sama Mella menuju Kuningan. Tau kan betapa macetnya Kuningan? Jujur gue baru tau saat itu sih, haha sembari nunggu muter balik di daerah Kuningan yang super lama, gue tidur. Mencoba menepis dan menghilangkan kegelisahan gue. Gimana enggak? Saat itu gue udah nge-rancang berapa lama perjalanan gue ke Kuningan- loading barang -dekor stand- balik ke rumah dan lanjut buat maket serta gambar. Ya, asal kalian tau, H-1 eksternal maket gue baru jadi 15%. Tapi ekspektasi gue kelewat jauh. Yang awalnya gue pikir bisa sampe rumah selambat-lambatnya jam 9, kita baru caw dari Kuningan jam 10. Dan alhasil nyampe rumah jam 11 malem gitu.... Gue sedih banget, selain karena gue ngelanggar jam malem, gue udah keburu kecapekan dan sampe rumahpun gue... tidur.

Iya, tidur. Padahal maket gue masih 15 %, gambar DTP (Denah,Tampak,Potongan) gue juga belum selesai. Paginya pun sudah bisa dipastikan, gue cukup rempong ngelanjutin maket gue yang nyampe studio pun belum selesai. Gue telat, reviewer udah dateng. Gue sebenernya udah mau nangis, tapi gue coba tenang, memasrahkan semuanya ke Allah..

Saat itu kondisinya gini: DTP gue belom selesai, poster A0 gue cuma satu (padahal disuruh minimal dua), maket belom selesai, material board belom bikin bagusnya. Pokoknya serba berantakan, terus gue udah di BBM temen-temen gue dan ditanya, "Fahma dimana?" "Fah, ayo reviewernya udah dateng.. sebentar lagi giliran kamu..."

Gimana jantung gue nggak copot, guepun terburu-buru nyiapin semuanya. Sampe studio gue langsung super kilat menata maket, material board, dll. Kalo display A0 Alhamdulillahnya udah ditempel dari kemarin, guepun menghela nafas sebentar. Dan saatnya gue presentasi. Gue nggak nyerah gitu aja, nggak mau kalah sebelum perang usai, dengan super pede gue menjelaskan konsep desain gue yang berjudul "QUILT."

Selesai presentasi, gue deg-degan, gue sebenernya optimis sama konsep gue, tapi pesimis sama eksekusi desain gue yang masih cupu, ditambah gue kurang persiapan dari segi display. Gue udah mikir macem-macem, sampe akhirnya, ternyata apa yang gue pikirkan, nggak seseram kenyataan. Tentu banyak masukan buat desain gue, tapi gue cukup bersyukur dengan respon dari reviewer gue saat itu. "Saya suka konsep desain kamu, unik, out of the box." Alhamdulillah, syukur gue dalem hati. Rasa takut gue akhirnya sedikit reda, reviewer guepun ngasih masukan terkait hal teknis dan perbaikan desain. Alhamdulillah, syukur nggak henti-hentinya gue panjatkan ke Allah.

Kalo ada yang mau tau, ini project PAI III gue, gue masih harus banyak belajar :')








Ya.. begitulah PAI III gue. Balik lagi ke HANJABA ya, abis Eksternal yang gue pikir selesainya siang, gue mau langsung ke Kuningan, bantuin temen-temen Dreamdelion yang jaga stand. Alhamdulillah banget saat itu Hira dan Isma bisa jaga stand, tapi ternyata Eksternal gue kelarnya sore karena ada beberapa pengumuman terkait Desain Report (UAS belum berakhir kawan), dan ya. Akhirnya sekitar jam 4 gue, Upi, dan Mella baru bisa nyusul ke Kuningan, tepatnya di gedung Nyi Ageng Serang, persis sebelahan sama GOR Sumantri.

Jalanan nggak macet-macet banget saat itu, tapi mata kita udah merem melek. Yang parah, Mella dua hari belum tidur sama sekali karena emang lagi minggunya UAS. Pernah denger kan quote ini? "Anak Arsitektur tuh nggak pernah mimpi, soalnya emang nggak pernah tidur." Gue sebenernya nggak tega buat ngajak mereka berdua untuk ikut ke Kuningan, tapi dengan baik hatinya mereka nawarin diri, sering banget Mella bilang ini ke gue, "Ya nggak lah hem, masa kita nggak ikut dan lw sendirian?" Emang unyu banget mereka semua.. :")

Nyampe sana, ternyata nggak seunyu yang dibayangkan. Acara di hari itu udah selesai, jeng jeng. Ya, kita dateng dan stand-stand udah pada tutup. Rada robek gitu hati gue, tapi ya terima aja, mau diapain coba? Haha akhirnya guepun nggak ambil pusing soal itu, malah gue ngajak mereka buat "Nge-dekor aja yuk gengs! Kan stand kita belom terlalu rame." Tapi kita sadar peralatan kita belom cukup, kitapun menuju Pasar Festival buat nyari bahan dekor. Gue pikir di PasFes ada toko buku semacem Gramedia, ya kalo enggak Gunung Agung deh.. ternyata sama sekali nggak ada. Muter sana, muter sini, tanya sana, tanya sini, sampe akhirnya kita ditunjukkan ke sebuah tempat fotokopi yang ada di lantai bawah. Alhamdulillah, abangnya jual karton asturo dan berbagai peralatan lainnya. Kitapun senang dan balik lagi ke lokasi, Gedung Nyi Ageng Serang.

Sebelum kesana, kita makan dulu di kantinnya dan sekalian shalat Maghrib. Saat itu belum timbul firasat apapun, sampe akhirnya pas kita balik ke tempat pameran... pintunya dikunci sodara-sodara! Yak, lengkap sudah.. Apa daya, pintu stand udah dikunci, artinya kita nggak bisa dekor malem itu. Dan pas banget Pak Eko, panitia sekaligus orang BPAD lewat, "Eeeeh kamu, kok baru dateng?"
"Iya nih pak, kita baru selesai UAS, tapi ternyata udah dikunci ya.. Niatnya mau dekor pak." "Besok pagi aja ya, besok dinilai lagi kok. Kasian tapi ya kalian sudah kesini malam-malam. Semangat ya." "Iya pak makasih ya.."

Kita bertiga ketawa sok ceria padahal garing. Akhirnya kita balik lagi ke Depok, nyari angkot sampe Tebet, balik naik kereta dan masih niat untuk dekor. Malam itu juga, demi dekor stand yang maksimal, gue, Upi, dan Mella melanjutkan dekor di Kutek sampe malem. Gue ambil motor dari Fakultas Teknik dan ngerjain di Kosan Upi. Lagi-lagi gue harus melanggar jam malem.. Tapi gimana lagi? :"

Kita motong-motongin asturo dan siluet sambil merem melek. Badan kita semua udah lelah luar biasa, belom tidur normal, dan masih harus berkutat untuk dekor. Kita nggak boleh nyerah! Dekor harus maksimal! Yap, dan Alhamdulillah malam itu kita udah nyicil sebagian, dan besok tinggal tempel. Paginya, kita janjian di stasiun UI jam 7, tapi gue nggak yakin Upi sama Mella bisa bangun pagi, karena ya tadi itu, mereka belom tidur normal dua hari. Gue telponin Upi sama Mella pun mereka nggak kunjung mengangkat telepon mereka. Gue mulai panik. Acara mulai jam 9. Sementara sekarang udah mau jam 8. Perjalanan kurang lebih setengah jam. Itu juga kalo nggak macet.Tadi gue ketemu Isma dulu buat ambil lcd yang gedenya nggak ngerti lagi udah kaya bantal kamar gue haha. Dan Alhamdulillah, di telepon yang kesekian, Upi ngangkat telepon gue, dan dia bilang "Mella baru bangun hem." Akhirnya kita memutuskan untuk nggak main tunggu-tungguan karena harus ngejar dekor sebelum penilaian. Upi berangkat bareng gue, dan perjuangan nggak berhenti sampai disitu. 

Tau gimana hebohnya kereta di pagi hari di hari kerja? Ya, bagi anak kereta tentu mereka paling ogah deket-deket sama jamnya orang pergi ke kantor. Dan gue baru inget itu setelah Upi sampe dan kereta pertama lewat. Pintunya kebuka, dan lihat.... berjubel orang di dalam sana. Gue sebenernya paling nggak suka dengan keramaian, apalagi sekarang gue lagi bawa lcd. Gue takut banget lcd nya keteken orang-orang dan pecah. Tapi ya mau gimana lagi, satu-satunya transportasi yang paling efektif dan efisien cuma kereta, gue sama Upi berjuang keras melawan desakan manusia di dalam gerbong. Dan.... krek. Yak, timbul suara dari lcd. Gue mulai panik lagi, oh tidaaaaak. Apa kabar nasib lcd ini? Gimana kalo nanti dia pecah? Guepun bilang ke Upi "Kita turun aja pi di stasiun berikutnya, gue takut banget lcd kita kenapa-kenapa." Tapi sebelum niat itu terlaksana, mbak-mbak di depan gue melarang gue dan nyuruh lcdnya taro di atas aja. Gue celingak celinguk ke sekitar gue, "Gimana mungkin bisa mbaaaak?!" gue teriak frustasi dalam hati. Ya gimana nggak, saat itu kita semua bagaikan pepes yang bahkan kayanya udah nggak napak lagi di kereta saking ketekennya. Tangan gue aja udah susah gerak, gimana naro lcd ini ke atas? Dan Alhamdulillah manusia itu memang baik ya, mbak-mbak sebelah gue dan sebelahnya lagi mau bantuin untuk ngoperin lcd ini supaya sampe atas. Fiuh... lcd aman terkendali.

Sekarang ceritanya kita udah di angkot biru muda menuju Kuningan. Si abangnya ngelewatin jalan yang berbeda, katanya sih kalo jam segini macet luar biasa kalo lewat rute yang sama. Gue bolak balik liat jam tangan, berharap nggak terlambat sampai lokasi. Sampai akhirnya dering handphone mengusik fokus gue, telepon dari Bu Ros, salah satu Ibu-Ibu Manggarai yang Dreamdelion berdayakan. Gue angkat telpon, dan langsung di serbu beliau. "Mbaaaak, Bu Mala sama Bu Supriha udah nyampe di gedungnya, tapi mereka nggak tau lokasi standnya. Mbak Fahma udah dimanaaa?" Waduh, Ibu-ibunya udah sampe. Kasian banget mereka celingak-celinguk tanpa arah. "Iya bu, aku udah di angkot nih. Sebentar lagi sampe. Tolong bilangin ke Bu Mala sama Bu Supriha sabar ya buuu hehe."

Sampe lokasi gue sama Upi mempercepat langkah, dan ternyata dua Ibu super tersebut udah berhasil menemukan stand Dreamdelion, bahkan inisiatif display barang. Luar biasa! :") Dengan kecepatan maha super duper dahsyat, gue dan Upi nempelin karton asturo dengan indahnya. Stand kitapun mulai menunjukkan rona-rona ceria. Ditambah kehadiran Mella memeriahkan suasana dekor mendekor. Setiap adik-adik yang lewat kita ajak buat bikin boneka tangan, dan mereka super excited! Gue makin seneng sama anak kecil :") Hari itu stand kami ramai luar biasa, puji syukur kehadirat Allah yang Maha Kuasa.

Tibalah waktu pengumuman, dan gue udah nggak berharap terlalu jauh. Hari itu gue udah luar biasa bahagia bisa berbagi keceriaan dengan adik-adik. Dan Allah super baik, terlalu baik :") Alhamdulillah kita diberi izin juara II.




Ketentuan Allah itu maha dahsyat. Dan bukti bahwa gue harus selalu terus dan terus bersyukur. Bahwa quote "Manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang." itu bener banget! Gue merasakan cinta Allah ke kita begitu dekat, begitu lekat.. :')

Hari itu jadi satu kenangan yang nggak akan terlupa, makasih banget untuk semua yang udah bantu. Semoga kebaikan kalian dibalas oleh Allah dengan berlipat-lipat kebaikan lainnya.

#2. Project Kampung Deret

Ya, suatu hari Bu Herlily menghubungi gue lewat DM Twitter. Beliau tanya hari Minggu gue kosong atau enggak, dan itu lagi masa-masa menjelang Internal Perancangan Arsitektur Interior III. Kok tadi Eksternal sekarang Internal? Iya, jadi kalo kalian kuliah di Arsitektur, pas udah masuk ke perancangan, UASnya itu kebagi dua, ada Internal sama Eksternal. Biasanya Internal dilakukan lebih dulu daripada Eksternal. Bedanya apa? Nggak ada yang beda sih dari segi konten, beda di orang yang nilai aja. Kalo Internal yang nilai dosen kita sendiri, kalo Eksternal yang nilai orang luar, macem praktisi yang udah melanglang buana gitu. Walau Eksternal yang nilai lebih jago, tapi pada kenyataannya Internal jauuuuuuuh lebih serem dari Eksternal. Nggak percaya? Coba tanya personal ke anak Arsitektur :))

Jadi, saat itu Bu Lily minta bantuan untuk survey di daerah Jakarta Utara. Nama projeknya Kampung Deret, denger-denger ini projeknya Pak Jokowi. Karena keliatannya seru dan bisa nambah pengalaman, guepun mengiyakan ajakan beliau untuk turut serta ke dalam projek tersebut. Jadilah gue pergi ke Halimun, basecamp konsultan yang ngerjain projek itu. Awalnya gue mikir si Halimun ini dimana letaknya, Halimun yang gue tau itu gunung Halimun, tapi yakali tempatnya disana. Dan ternyata, Halimun ini nama daerah di Manggarai, yang usut punya usut ternyata deket juga dari tempat Dreamdelion. 

Gue yang belum ngeh ni projek output nya apa dengan semangat menuju Halimun bareng Abi sama Naufal, partner ngebolang gue. Gue juga heran, jangan-jangan gue cewe sendiri lagi? Tapi kayanya enggak. Ada junior gue yang super lincah, nggak tau dia makannya apa, namanya Khodijah hahaha Khodi juga bareng temennya, Muthi. Pas nyampe basecamp, udah ada Kak Dhreti juga disana. Wah, anak Arsitektur semua nih, batin gue. Hari itu gue kenalan sama dua konsultan yang ngerjain projek ini, namanya Pak Endro sama Pak Navy. Mulailah kita dijelaskan ini dan itu mengenai projek ini. Gue manggut-manggut sambil sesekali  banyak nanya. Yah, maklum, manusia itu makhluk yang butuh kejelasan, jadi semuanya harus jelas sebelum mulai.

Tapi pada akhirnya, gue justru ngerti projek ini di tengah-tengah, saat gue udah melakukannya. Kalo mau jujur sih projek ini cocoknya buat anak cowok, karena cukup melelahkan. Tugas kita itu ngukur jalan, mulai dari panjangnya berapa, lebarnya berapa, ada berapa unit rumah di kanan-kirinya, dan kita harus motoin kondisi lingkungan disana, sampai pada akhirnya sasaran yang ditujupun sesuai dengan kebutuhan. Masih pada inget quote ini nggak? "Kalo mau cari cowo paling lemah di Teknik, cari di Arsitektur. Kalo mau cari cewek yang paling kuat di Teknik, cari juga di Arsitektur." hahaha guyonan sih, tapi cukup menggambarkan kondisi di projek ini. Karena dari 12 orang yang ikut, cuma 2 yang cowok. :P

Seperti yang gue bilang, saat itu anak Interior lagi masa-masa mau Internal, dan dengan gilanya gue ngambil pilihan yang bisa nge-hambat UAS gue. Tapi sama kaya tahun lalu, waktu itu sama persis, besoknya gue ada Internal UAS, tapi tiba-tiba H-3 gue dikasih tiket seminar gratis yang kalo bayar nyampe jutaan. Acaranyapun acara nasional gitu, namanya Indonesia Brand Forum. Materinya waktu itu "Strategi Merek Indonesia Menandingi Raksasa Global dan Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri." Gimana gue nggak tertarik? Ilmu yang di dapet pasti kece abis. Waktu itu gue dilema luar biasa. Mella sampe nasehatin gue buat mikir berulang kali. Akhirnya gue milih buat ikut acaranya, dan nggak lupa bawa tugas UAS kesana :')

Narasumbernya kece-kece abis :')

Suasana di JCC, tempat Indonesia Brand Forum 2013 berlangsung
 
Gue pergi bareng kakak pertama gue, si Mola :P

 Nggak lupa bawa tugas UAS :"""""")
Sekaligus nyatet poin-poin dari narasumber yang pecah abis!


Dan ya, kita kembali lagi ke projek Kampung Deret. Sama seperti kegilaan gue tahun lalu, tahun ini sama gilanya tapi dengan kegiatan yang berbeda. Gue tau banget resiko yang gue ambil cukup besar, apalagi ini mempertaruhkan UAS gue. tapi ketika gue udah suka dan tau itu bakal bermanfaat banget, nggak ada yang bisa halangin. Walaupun gue tau resikonya besar, gue harus tau juga solusi yang tepat biar semuanya berjalan seimbang. Dan Alhamdulillah sampai sekarang IPK gue direstui Allah masih aman-aman aja dan cenderung meningkat, dan semoga tetep gitu sampe gue lulus nanti. Mohon doanya selalu :")

Dan dibawah ini dokumentasi selama ngerjain projek #Kampung Deret. Tentu dibalik kelelahan yang gue rasakan, banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa gue rasakan.
 Rombongan pertama: Naufal, Abi, Kak Dhreti di Kalibaru, Jakarta Utara
 Wilayahnya epic banget!
Narsis dulu lah sebelum lanjut ngukur :p
Wiiih keren ya! Itu pasirnya kulit kerang semua lho..
Rombongan selanjutnya: Nenek, Kak Dhreti, dan Fanny

Jadi kita ditugasin untuk ngedata 14 RW gitu. Dan sepanjang ngukur, gue banyak dapet kenalan baru lagi. Mulai dari Pak RW 13 Tugu Utara, wakil sekretaris RW 03 Pademangan, bocah-bocah dari dermaga di Tugu Utara, dll. Pecah banget lah pokoknya!

Walaupun sebenernya gue rada kurang sreg dengan projeknya karena memakan habis tenaga, gue banyak dapet pelajaran tentang kondisi urban yang nggak gue dapetin di materi kuliah gue di Interior. Apa gue pindah aja ke Arsitektur? Hahaha yang jelas tetap bersyukur karena Allah masih mengizinkan ilmu-ilmu baru untuk masuk ke dalam pikiran gue. Dan dengan itu, makna kehidupan jauh lebih terasa, rasa syukurpun jauh lebih dalam terasa.

"Hey, sudah berapa waktu kamu lewatkan untuk kegiatan yang tak berguna Fah? Lihatlah, banyak hal yang dapat kamu lakukan ketimbang duduk diam menikmati zona nyamanmu Fah. Banyak hal yang harus kamu pikirkan ketimbang duduk diam mantengin timeline social media Fah. Banyak hal yang bisa kamu beri untuk lingkungan sekitarmu, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan karya yang nyata bermanfaat. Jadi, sudah berapa banyak manfaat yang kamu lakukan selama 20 tahun kamu hidup? Sudah berapa banyak nyawa dan jiwa manusia yang terbantu karena kebermanfaatanmu? Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain?"

"Kata Ibu, kematian itu datang tanpa pernah kenal bulu, tanpa pernah kenal waktu. Sudah siapkah kamu? Atau lebih tepatnya, kamu sudah mempersiapkan apa? Kalau kata temanmu, skenario sudah ada, alam semesta sudah tercipta. Tinggal kamu, mengisi peran apa di dalamnya? Maukah hanya menjadi mahasiswa yang terombang-ambing arus kehidupan? Diajak kesana mau, diajak kesini mau. Kamu seperti tak punya jati diri. Maka, mulailah rangkai impian hidupmu. Kamu ingin bermanfaat apa, kamu ingin menghasilkan karya apa."

"Dan ketahuilah, bahwasanya problem hidup itu tidak ada apa-apanya ketika kita menggantungkan ikhtiar kita hanya pada-Nya. Setelah kesulitan, pasti ada kemudahan. Setelah kesulitan, pasti ada kemudahan. Bahkan itu sudah terulang di dalam firman-Nya. Maka manusia, nikmat-Nya yang manakah yang kamu dustakan?"

Teruntuk diriku, aku rindu gerak nyatamu. Aku rindu lincahnya dirimu mengatur waktu. Aku rindu hatimu yang penuh dengan semangat. Aku rindu perbaikan dirimu setiap hari. Aku rindu kamu memanggilku lagi. Aku rindu bercengkrama denganmu sekali lagi, sekali lagi, dan sekali lagi. Hingga akhirnya kamu dapat mengenal dirimu lebih dalam, kamu dapat memperlihatkan dirimu apa adanya, menjadi dirimu sendiri. Menjadi pribadi yang berusaha untuk terus menerus melakukan perubahan baik, untuk diri yang selalu berpikir dan berperasa positif atas segala kehendak yang Ia beri. Untuk diri yang selalu belajar dari segala rasa, karena itu benar-benar membuatmu semakin dewasa..

Teruntuk diriku, ayo kita berjuang bersama. Karena aku percaya, kamu bisa. Karena aku percaya, ada Allah di dalamnya. Selamat berproses! :)

1 komentar: