Rabu, 23 Juni 2010

jadi pembantu sehari

Sekarang jam berapa? Hm ternyata masih jam 12 siang. Gue kira hari ini udah berjalan cukup lama, gue kira udah sore, ndak taunya masih siang tho. Tau nggak? hari ini gue melakukan perubahan! Eh, ralat, melakukan sebuah tantangan! Tantangan apaan? Tantangan... Jadi pembantu sehari. Oke, emang agak lebay, tapi kita sebut aja ini tantangan biar lebih seru. Tapi nyatanya ini bener kok sebuah tantangan, buktinya sekarang badan gue berasa rontok semua. Awal mulanya dari rasa bosen gue (emang, tiap hari gue emang bosen), emak gue liat tuh gue liburan kerjaannya cuma luntang lantung ngga jelas. Tidur, nonton tv, makan, ngenet, ke dibi baca komik. Yaudah berhubung hari ini mbak gue ga dateng, emak gue nyuruh buat nyapu halaman sama nyiramin taneman. Eh, nggak enak ya denger kata emak? Gapapalah, biar kesannya lebih akrab hubungan antara ibu dan anaknya. Lah, nyambung? Ah sabodo, Lanjut ye, karena gue juga nggak tau mau ngapain lagi, karena tingkat bosen gue udah makin nambah, yaudah gue nurut aja sama perintah emak gue. Gue ambil tuh kerudung terus langsung ke halaman depan. Gue sapu-sapu, setelah nyapu-nyapu gue nyalain keran, gue siramin semua tanaman pake gayung yang gagangnya panjang. Gue nggak tau nama gayungnya apaan, pokoknya gayung buat taneman. Abis itu, gue berbalik badan. Eh, becek lantainya. Yaudah dengan inisiatif sendiri, gue pel aja lantainya. Tadaaaa sudah bersih sekarang. Gue cukup bangga, padahal biasa aje ye? Gue masuk ke rumah sambil senyam-senyum trus ngomong, "Udah buuuu..! :D" Terus ibu gue seperti biasa langsung muji-muji, "wah anak pinter.. blablabla" Ayah gue yang mau mandipun juga ikut nimbrung. Walah, asal tau aja, gue paling ngga suka dipuji, rasanya gimana ya? Aneh. Enakan muji orang lain haha.

Gue melirik ke arah jam, itu jam baru nunjukin jam setengah lapan. Yah, bentar amat gue membunuh rasa bosen ini. Mau ngapain lagi gue ampe ntar sabtu? (Jah lama amat nunggu sabtu, iya teman, sabtu itu pengambilan rapot) Hm gue mikir-mikir. Akhirnya tanpa babibu gue ambil sapu dan sekarang gue sapu seluruh rumah, dari lantai atas sampe lantai bawah. Wah, gue udah berasa kaya spesialis tukang sapu, kalo ada ujian nyapu dengan yakinnya gue bakalan juara satu. Gue siap tempur tuh. Gue mulai dari kamar kakak gue diatas. Eh pas ke atas, dia lagi ngenet. Terus gue berdehem demi pamer. Terus dia agak kaget sambil ngomong, "Diiih tumben lu dut rajin!" Kurangajar, dari dulu sebutan "dut" nya nggak berubah, nggak liat apa gue langsing begini? Heh, oke. Nyatanya gue itu cukup gembul kok. Gue cuma cengar cengir bangga, nyangka kalo itu sebuah pujian. Eh ralat ya, kalo pujian itu dateng dari kakak gue, gue merasa bangga, eh menang deng. Karena dia itu jarang muji! Haha yaudah gue sapu-sapu tuh. Ternyata debunya cuma dikit, pas gue sapuin turun menuju tangga, debunya dah abis. Yeh, yaudah gue lanjut ajadah dari ruang tamu. Nah disini debunya lumayan, gue jadi seneng kalo debunya banyak. Kan tujuan nyapu: Nyari debu/sampah kan? Guepun sok-sokan bayangin ini sebuah game biar mendadak lebih menantang. Sebuah game yang mengharuskan mencari kotoran2 dibalik tempat-tempat sempit. Gue pun melanjutkan misi ke kamar emak gue. Eh, disana ada lagi satu kakak gue lagi nyante-nyante nonton TV. Kalo yang diatas tadi kakak pertama gue, namanya Maula. Biasa dipanggil Tile. Emang ngga nyambung, tapi nyambung kok. Tile singkatan Tai Lalet Due. Panggilan itu gue bikin bareng kakak ke dua gue, tuh yang lagi nonton tv. Namanya Dinul, sering gue kepeleset lidahnya jadi manggilnya Inul (lebih tepat dibilang sengaja).Kok Tile? karena di wajah maula banyak tai laletnya, walopun satu yang gede dah di operasi, tapi tetep banyak kok. Kalo nggak ada kerjaan biasanya kita bertiga saling menghina, permainan yang biasa kan untuk seorang adik dan kakak? Haha tapi emang itu seru. Siapa yang bisa membuat lawan cepat marah sudah dipastikan dia memiliki kewenangan khusus di rumah. Tapi sejauh ini yang paling berkuasa ya Maul ini, belom ada yang bisa ngalahin kata-katanya, kecuali ayah gue tentunya.

Oke lah lanjut ke cerita gue. Si dinul ini lagi petantang petenteng nonton siaran ulang bola. Bola mulu heran dah gue. Apa enaknya denger suara tawon tiap malem? Oke ini cuma pernyataan orang yang nggak terlalu suka nonton bola. Hm reaksi cenul (nama lain Dinul juga) sama aja kaya maul. Tapi lebih sedikit nyebelin, dia bilang "Mbak peyeknya satu." Peyek itu nama kerupuk, yang disekeliling badannya ada kacang atau nggak teri. Biasanya dijual di tukang sayur, tukang pecel, di supermarket juga palingan ada (ngibul). Yah, palingan di toko kue kering tradisional lah. Pokoknya kakak gue emang paling suka ngerecokin kerjaan orang. Tapi kali ini si cenul abis ngomong kaya gitu diem bae nggak ngelakuin apa apa, tumben. Oh, mungkin lagi-lagi ini karena bola. Nggak mau musing mikir gue lanjutin nyapu ke ruang tengah, dapur, ruang baca, kamar gue, kamar ayah, dan terakhir ruang belakang, dan akhirnya selesai! Hore, hebat, suatu perubahan untuk gue yang kebanyakan molor tiap hari (kalo liburan). :P

Dan pas gue liat jam, yah masih pagi! Gue jadi bingung sendiri, apa lagi yang harus gue lakukan untuk mengisi kekosongan ini? (heyaaa) Hm, ah! gue liat sepatu gue pada kotor tuh, gue cuci dah. Nggak tanggung-tanggung, gue ambil 4 sepatu gue dan gue sikat ampe bersih. Selesai sudah dan gue jemurin di genteng deket balkon gitu. Gara-gara gue naik naik ke atas genteng kan berisik ya, emak gue dengan heboh tereak-tereak, "Dinuuul, itu siapa yang berisik di atas?" Hahaha padahal gue yang naik-naik tapi dikiranya kakak gue. Langsung gue teriak, "Itu fahma bu. Fahma lagi jemur sepatu." Ibu gue cuma ber'oooooh' ria. Hah selesai sudah acara jadi pembantu sehari. Guepun ke bawah dan liat jam, helaaah lama amat jalannya. Masih jam 9. Yaudah gue nonton tv aja ah (kembali ke habitat asal). Tapi pas gue tiduran di kasur, uoh! badan gue terasa pegel semua. Eh... lambat laun gue ketiduran. Dan pada akhirnya gue disini, ngenet, nulis blog, dan liat jam. Sekarang sih dah mau jam 1. Tapi tetep aja lama...

Tapi hari inipun banyak pelajaran yang gue dapet. Ternyata mbak gue mantep! Tiap hari ngerjain ginian, belom nyuci sama nyetrika. Tapi kok dia ngga langsing-langsing ya? Maap ya mbak, bukannya apa-apa. Kan kerjaannya ngeluarin banyak keringet. Eh tapi rada kurusan sih daripada pas pertama kali dateng kesini (itu udah... 3 tahun yang lalu kali ya?) Ternyata pengabdian mbak gue cukup lama juga. Yah pokoknya hari ini gue belajar menghargai mbak gue, dan juga emak gue tentunya. Karena sebelom ada mbak kan yang ngerjain tugas rumah emak gue, walopun gue bantu nyetrika baju sendiri. Jadi inget, gue dibiasain mandiri dari sd. Temen-temen lain sibuk disiapin baju, bekal, buku pelajaran pas mau berangkat. Tapi dikala itu gue nyuci baju sendiri (tapi yang akhirnya nggak lagi gara-gara gue males), nyetrika baju, nyuci tempat makan, dll yang sendiri. Yang anehnya, gue yang masih kecil imut-imut itu nggak bantah. Malah bantahnya pas gede. Dan sekarang makin jarang gue bantu-bantu. Banter-banter juga bantu masak doang. Yah intinya gue harus banyak-banyak bantu emak gue.

Ehya, gue udah tau gue mau kuliah dimana. Doain ya supaya semuanya lancar-lancar aja dan gue keterima disana, amien. Akhir kata, makasih yang udah mau rela-rela baca aktivitas ngga penting gue hari ini haha. Okelah gue mau siap-siap ke dibi nih, balikin novel dan minjem novel lagi. Dadah!

7 komentar:

  1. ^________^

    Jadi anak rajiiiiin.. siiip..

    semoga semuanyaa berkah, dapet pilihan mau kuliah dimana dan langsung keterimaa..aaamin..

    :D

    BalasHapus
  2. iya kak tumben bgt nih hhe amien amien :D makasi ka elok!

    BalasHapus
  3. hahaha.. dapet anugrah nih.. :P

    BalasHapus
  4. haha ni si magelang2 itu ya? he eh nih baru dpt anugerah buat berubah :p

    BalasHapus
  5. kunjungan perdana sista,,,

    makasih ya,,,

    keep posting n happy blogger...

    salam umy

    BalasHapus
  6. @Umy Diary sama sama :) sering2 berkunjung yaa

    BalasHapus
  7. walah.. begitu toh bang maul sama fathan.. sabar ya jd adeknya, haha by the way nice post.. keep writing ^^

    BalasHapus